Keistimewaan dan Kemuliaan Bulan Rajab

Keistimewaan Bulan Rajab

Keistimewaan dan Kemuliaan Bulan Rajab. Sebentar lagi, tepatnya besok pada hari Jum’at, 8 Maret 2019 kita akan memasuki salah satu bulan yang mulia yaitu bulan Rajab 1440 H,bulan yang ke tujuh dari 12 bulan dalam kalender Islam atau Hijriyah ini adalah salah satu dari asyhurul hurum  ( bulan-bulan yang dimuliakan ) yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.Pada bulan-bulan ini kita sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, dan kita juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk memperbanyak kebaikan dan amal ibadah. Selain itu, bulan Rajab juga banyak mempunyai keistimewaan.

Peristiwa bersejarah bagi umat Islam
Pada bulan ini, tepatnya tanggal 27 Rajab terjadi peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat islam yaitu IsraMiraj. IsraMi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam hari dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Kemudian bersama dengan malaikat Jibril Nabi dinaikkan kelangit ketujuh hingga sampai Sidrotul Muntaha untuk menerima wahyu dari Allah SWT. Sholat lima waktu adalah wahyu yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang kita laksanakan tiap hari hingga saat ini.

Bulan Mulia
Rasulullah SAW bersabda : Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban itu bulanku dan Ramadhan itu bulan umatku.” Keutamaan bulan Rajab dibandingkan dengan bulan-bulan lain itu bagaikan keutamaan ayat-ayat Alquran dibandingkan dengan kalimat-kalimat lainnya. Oleh karena itu, pada bulan Rajab ini Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk memulyakannya dengan memperbanyak amal ibadah dan perbuatan-perbuatan baik. Karena barang siapa memuliakan bulan Rajab kelak akan mendapat seribu kemuliaan dihari kiyamat. Amien.

Bulan Penuh Pahala
Siapa sih yang nggak mau segala sesuatu yang diperbuat mendapat pahala? Nah, ini kesempatan kita untuk mencari pahala sebanyak-banyak di bulan Rajab. Coba bayangkan, menurut sabda Nabi barang siapa yang puasa satu hari saja di bulan Rajab itu pahalanya seperti puasa 40 hari. Tidak hanya itu, di surga sana ada sebuah bengawan bernama Rajab yang airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Air tersebut kelak akan diminumkan kepada orang-orang yang mau berpuasa di bulan Rajab. Ayo Mas Bro dan Mbak Sis, kita latihan puasa dulu yuk sambil menyambut datangnya bulan Ramdhan. hh

Kisah keistimewaan bulan Rajab
Suatu ketika, disaat Nabi Isa AS sedang dalam perjalanan tibalah beliau di suatu gunung yang memancarkan cayaha sangat terang. Karena rasa penasaran, Nabi Isa AS minta kepada Allah SWT agar beliau diberi ijin untuk bisa berkomunikasi dengan gunung tersebut. Akhirnya Allah SWT mengabulkan permintaan Nabi Isa untuk berkomunikasi dengan gunung tersebut.
Sang gunung pun berkata : “ Wahai Isa AS, apa yang kamu inginkan ?.”
Nabi Isa berkata : “ Kenapa kamu bisa mengeluarkan cahaya yang sangat terang ?.
Dijawab oleh sang gunung : “ Di dalamku ada seorang lelaki yang sudah lama beribadah.”
Kemudian nabi Isa menyuruh sang gunung untuk mengeluarkan lelaki yang berada di dalam gunung tersebut. Seketika itu pula sang gunung cahayanya padam dan keluarlah seorang lelaki tua yang tampan. Sang lelaki kemudian berkata kepada Nabi Isa bahwa dia adalah kaumnya Nabi Musa AS yang sudah beribadah di dalam gunung selama 500 tahun. Dia berdoa kepada Allah SWT supaya diberi umur panjang agar dapat menjadi umatnya Nabi Muhammad SAW.
Mendengar cerita tersebut nabi Isa kemudian berkata : “ Ya Allah Ya Rabb, adakah orang yang kebih mulia dari orang ini ?.
Allah SWT menjawab : “ Umatnya Nabi Muhammad SAW yang berpuasa di bulan Rajab lebih mulia dari orang yang beribadah di dalam gunung tersebut.” Lihat kitab Nazhatul Majalis : 144.
اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Semoga bermanfaat....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel