Cara Menghapus Semua Data Pribadi Anda Dari Komputer

Komputer, Tips dan trik komputer

Sebelum membeli komputer baru, kami memilih untuk menyumbang, mendaur ulang atau menjual yang lama. Namun, sebelum meminjamkan komputer Anda ke pihak lain, kami perlu memperhatikan beberapa hal seperti data pribadi, aplikasi, dll. Jadi, selalu saat yang tepat untuk mengetahui cara mengembalikan semua komputer lama ke setelan pabrik. Inilah cara Anda menghapus semua data dari komputer.

Nah, jika kita melihat-lihat, kita akan menemukan bahwa hampir setiap hari seseorang membeli komputer baru. Sebelum membeli komputer baru, kami memilih untuk menyumbang, mendaur ulang atau menjual yang lama. Namun, sebelum meminjamkan komputer Anda ke pihak lain, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti data pribadi, aplikasi, dll.

Kami begitu terburu-buru untuk membeli komputer baru yang kami lupa untuk membersihkan komputer lama dengan benar. Hal-hal ini dapat menciptakan banyak bahaya privasi dan keamanan. Coba pikirkan sekali bagaimana jika komputer yang baru saja Anda jual kepada seseorang memiliki rincian perbankan seperti kredensial masuk, kata sandi, dll?

Jadi, selalu saat yang tepat untuk mengetahui cara mengembalikan semua komputer lama ke setelan pabrik. Tidak masalah jika Anda menggunakan Windows, Linux, atau MacOS, opsi Penyetelan ulang pabrik tersedia di setiap OS dengan nama yang berbeda. Jadi, dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghapus semua data Anda dari komputer.

Apa manfaatnya?

Nah, perlu dicatat bahwa menghapus hard drive berarti menghapus setiap bagian informasi yang tersimpan di drive. Penyetelan ulang pabrik atau opsi pemulihan di berbagai sistem operasi tidak menghapus hard drive. Itu hanya menghapus aplikasi dan data pribadi yang Anda simpan setelah instalasi OS.

Jadi, ini akan menghapus semua aplikasi, kata sandi yang disimpan, file teks, dan hampir semua yang Anda lihat di desktop Anda. Sedangkan memformat komputer menghapus segalanya termasuk OS lama. Memformat membutuhkan instalasi OS yang baru, sedangkan pengaturan ulang sistem tidak.

Selain itu, Penyetelan ulang, pemulihan, atau Penyetelan ulang pabrik juga dapat membantu menghilangkan masalah dengan perangkat lunak komputer, driver, file rusak, infeksi malware, dll. Jadi, mari kita tahu cara menghapus semua data dari komputer.

# 1 Windows
Nah, menghapus data pribadi dari komputer Windows adalah proses yang mudah. Namun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai proses penyetelan ulang pabrik. Jika Anda melakukan reset sistem lengkap untuk memperbaiki masalah komputer yang berbeda, maka Anda perlu membuat cadangan yang tepat. Karena proses menghapus semua file dan folder, penting untuk mencadangkan semua file di komputer lain atau hard drive eksternal.

Untuk Windows 10, Buka Start Menu dan kemudian cari ‘Perbarui & Keamanan’. Di bawah Menu Perbarui & Keamanan, klik pada opsi Pemulihan. Sekarang di bawah menu Pemulihan, Anda perlu mengeklik ‘Reset PC ini’. Pada jendela berikutnya, Anda harus memilih Get Start dan ikuti petunjuk di layar untuk mengembalikan komputer Anda kembali ke keadaan sebelumnya.

# 2 Apple
Sama seperti Pengguna Windows, pengguna Apple juga perlu membuat cadangan yang tepat sebelum melakukan pengaturan ulang pabrik. Pengguna Apple dapat mencadangkan file penting mereka ke drive eksternal atau di penyimpanan cloud. Namun, pastikan untuk menonaktifkan fitur iCloud setelah mencadangkan file dan folder.

Sekarang Anda perlu me-restart komputer Anda dan selama startup, tekan tombol Shift + Option + Command + R hingga muncul logo Apple. Kombinasi tombol akan memaksa komputer Anda untuk menginstal ulang sistem operasi dan mengembalikan komputer Anda kembali ke saat pertama kali tidak dikotak-kotak.

Sekarang Anda akan melihat jendela popup di mana Anda perlu membuka Disk Utility. Sekarang pada Disk Utility, temukan dan hapus hard disk bawaan Anda. Sekarang pilih format MacOS Extended (Journaled). Sekarang, tunggu hingga Disk Utility menyelesaikan proses pengaturan ulang. Setelah selesai, cepat Disk Utility.

# 3 Pengguna Chromebook
Nah, pengguna Chromebook tidak perlu melakukan banyak hal sebelum menghapus komputer mereka. Karena sebagian besar file sudah disimpan secara online di Google Drive. Jadi, tidak perlu dicadangkan. Namun, jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki beberapa file yang perlu Anda buat cadangannya, maka lakukan sebelum pabrik Anda mereset laptop atau komputer Anda.

Pengguna Chromebook harus mengeklik foto yang ditampilkan di akun. Sekarang buka Pengaturan dan gulir ke bawah ke bagian ‘Lanjutan’. Sekarang, di bawah Bagian Lanjutan, temukan Powerwash dan klik pada ikon. Sekarang komputer Anda akan restart dan akan menghapus semua data pribadi Anda.

Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus semua data dari komputer. Karena Apple, Windows, dan Chromebook adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, kami telah mencantumkan proses penyetelan ulang pabrik dari ketiganya. Jika Anda memiliki keraguan lain, maka pastikan untuk berdiskusi dengan kami di komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel