15 Cara Sederhana Untuk Mengurangi Penggunaan Data Pada Perangkat Android


Saat ini operator jaringan sangat cerdas sehingga mereka telah menyadari apa yang sebenarnya kami inginkan, yaitu 'Data' karena Ponsel cerdas sekarang menuntut internet berfungsi dengan baik sehingga menjadikannya mahal. Namun, kami telah menyatakan 10+ kiat yang akan membantu Anda mengurangi penggunaan Data di ponsel Android. Jadi, masuki pos untuk mengetahuinya.

Saat ini hampir setiap pengguna ponsel cerdas menggunakan internet untuk browsing, mengunduh, dan mengunggah yang menghabiskan banyak data. Android menggunakan lebih banyak data dibandingkan dengan ponsel normal karena aplikasi terpasang di perangkat Android yang selalu menghabiskan data dan kita semua tahu betapa mahalnya paket data Internet kita. Jadi untuk ini, kami memiliki beberapa tips berguna yang akan membantu Anda meminimalkan penggunaan data Android Anda. Metode ini akan menghemat uang Anda yang sedang dikenakan biaya untuk penggunaan data tambahan.

Mudah Meminimalkan Penggunaan Data Android Anda - 15 kiat terbaik tahun 2018
Dalam posting ini, kami akan membahas beberapa saran yang akan membantu Anda mengurangi penggunaan data internet di Android Anda yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data Anda. Jadi lanjutkan dengan tips di bawah ini.

1. Gunakan Opera Max

Opera Max mengenkripsi data untuk semua aplikasi di perangkat Anda ketika Anda terhubung ke jaringan data seluler, semua permintaan server melalui server Opera yang mengurangi penggunaan data dan penyisihan untuk aplikasi yang tidak dipercaya di perangkat Android Anda. Jadi harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini di Android Anda untuk menyimpan data dan baterai Anda.

2. Fitur Penghemat Data Chrome

Di browser Google Chrome Android, ada fitur inbuilt untuk meminimalkan konsumsi data saat browsing yang dapat Anda aktifkan melalui langkah-langkah di bawah ini. Pertama, ketuk pada tombol menu, dan kemudian Pengaturan.
Arahkan ke Lanjutan -> Penghemat Data dan aktifkan.

3. Gunakan Opera Mini

Opera mini adalah pilihan terbaik untuk meminimalkan konsumsi data pada perangkat Android Anda karena hanya aplikasi yang hanya menggunakan paket data yang diperlukan untuk menelusuri halaman. Jadi harus menggunakannya di Android Anda dan simpan data Anda.

4. Tetapkan Batas Data

Ponsel cerdas Android Anda memungkinkan Anda menetapkan batas tertentu untuk menggunakan data. Anda dapat pergi ke Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan Data dan kemudian aktifkan ‘Setel Batas Data Seluler’. Atur batas sesuai penggunaan Data Anda, Anda akan mendapatkan gambaran lengkap tentang penggunaan internet rata-rata Anda. Anda dapat mengatur ulang batas setiap bulan.

5. Batasi Penggunaan Data Latar Belakang

Jika Anda membatasi penggunaan data latar belakang di Android Anda, maka semua aplikasi yang mengonsumsi data di latar belakang tidak akan dapat merusak lagi. Selain itu, ini akan menghemat baterai dan data internet Anda di Android Anda. Ikuti saja beberapa langkah di bawah ini.

Pertama-tama buka Pengaturan> Jaringan Seluler> Penggunaan Data.
Sekarang klik di kanan atas tiga tombol putus-putus dan klik batasi penggunaan latar belakang.
Baca Juga: Cara Memotong Deteksi Root Aplikasi Di Android

6. Lewati Konten Streaming

Kami senang untuk melakukan streaming video di Youtube, tetapi video berkualitas tinggi itu dapat sangat membebani Anda. Jadi jika Anda mencari opsi penyimpanan data di Android, maka menghindari konten streaming akan menjadi pilihan yang praktis. Namun, kita semua tahu bahwa ponsel pintar tanpa video tidak berharga jadi pilihan lain adalah mengurangi resolusi Video saat streaming.

7. Memanfaatkan Mode Offline

YouTube yang merupakan situs video terbesar sekarang menawarkan video Offline, Yah, kami menghabiskan banyak data berharga kami di layanan Streaming seperti YouTube, Spotify, Vine dll. Sebagian besar dari mereka sekarang menawarkan mode video offline. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan fitur dan menyimpan video untuk tampilan offline.

8. Perbarui Aplikasi Hanya Melalui WiFi

Kami mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store, dan begitu kami terhubung dengan internet, Play store secara otomatis memperbarui semua aplikasi yang menghabiskan banyak data berharga Anda. Namun, Anda dapat menghentikan pembaruan otomatis aplikasi dari Google Play store

Buka Pengaturan dari Google Play Store
Pilih Perbarui aplikasi secara otomatis dan kemudian klik "Perbarui aplikasi secara otomatis melalui WiFi"

9. Gunakan Kompresi Video Opera

Tonton lebih banyak video di perangkat seluler Anda, saat menggunakan lebih sedikit data. Aktifkan kompresi video di pengaturan penyimpanan data untuk mencegah video terhenti. Fitur ini jarang terjadi sehingga Anda harus menggunakan fitur ini jika Anda benar-benar ingin menyimpan beberapa data tambahan.

10. Memblokir Iklan Menggunakan AppBrain

AppBrain Ad Detector mendeteksi semua gangguan aplikasi yang dipasang di ponsel Anda, seperti Push Notifications, iklan ikon spam Desktop, dan aplikasi dengan masalah privasi. Ini mengidentifikasi adware dan spyware dan memungkinkan Anda untuk menghapusnya.

11. Keep An Eye Pada Aplikasi Anda

Yah, menggunakan aplikasi data-lapar di Android dapat menghabiskan banyak data. Di sini pengguna harus mencari aplikasi yang sudah terpasang seperti Google Foto dan banyak lagi. Jika kita berbicara tentang Google Foto, itu memiliki kemampuan untuk menyinkronkan foto Anda di latar belakang setiap kali Anda mengklik salah satu. Bahkan aplikasi jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook juga mengkonsumsi banyak data. Jadi, Anda harus menghindari menonton video dan GIF di aplikasi tersebut.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan versi ringan dari aplikasi seperti Facebook lite yang tidak memakan banyak data internet. Versi aplikasi yang lebih ringan sering membantu untuk menghemat baterai dan penggunaan data.

12. Selalu Cache Google Maps

Yah, kami sering menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi. Namun, Google Maps juga menyediakan opsi di mana Anda dapat menyimpan Google Maps untuk penggunaan offline. Dengan cache Google Maps Anda dapat menghemat waktu dan data Anda. Setelah diunduh, Anda hanya perlu membuka peta offline dan dapat menavigasi mereka dengan bantuan GPS Anda.

Fitur ini adalah sesuatu yang sangat berguna bagi pelancong yang sering bepergian karena dapat membantu pengguna untuk menyimpan beberapa data dan baterai.

13. Beli Aplikasi Premium

Yah, semua orang suka barang gratis, tetapi barang gratis hadir dengan iklan yang dapat menghabiskan banyak data internet Anda. Hampir setiap aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store menunjukkan sekelompok iklan yang tidak hanya merusak pengalaman, tetapi juga meningkatkan penggunaan data. Biasanya, Anda dapat menghapus iklan ini jika Anda membeli versi premium dari aplikasi. Namun, peningkatan ini dapat biaya mulai dari $ 0,99 hingga beberapa dolar dan dengan mudah bernilai uang tunai.

14. Gunakan Versi Lite dari aplikasi

Jika kita melihat-lihat, kita akan menemukan bahwa aplikasi ringan dengan cepat menjadi mainstream di Google Play Store. Bahkan, semua aplikasi populer telah meluncurkan versi pelucutan mereka yang dimaksudkan untuk dijalankan pada smartphone kelas bawah. Aplikasi versi ringan ini menggunakan lebih sedikit data dan memerlukan lebih sedikit ruang untuk dipasang di ponsel cerdas Anda. Jadi, jika Anda ingin mengurangi penggunaan data di perangkat Android Anda, maka Anda dapat memilih versi lite.

15. Gunakan Secara Data

Secara statistik adalah salah satu aplikasi Android baru yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat membantu Anda melacak penggunaan data, memblokir penggunaan data berdasarkan aplikasi per aplikasi. Tidak hanya ini, tetapi aplikasi ini juga membantu pengguna untuk menemukan jaringan WiFi publik gratis. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan penghemat data terintegrasi yang mengharuskan Anda menyalakan VPN Google. Melalui fitur ini, aplikasi melacak penggunaan data Anda.

Jadi di atas adalah semua tentang Cara Meminimalkan Penggunaan Data Android Anda. Dengan kiat-kiat di atas Anda dapat dengan mudah meminimalkan penggunaan data Anda dan dapat membiarkan Anda menghemat biaya tambahan pada banyak penggunaan data. Semoga Anda menyukai pekerjaan kami, jangan lupa untuk membagikannya dengan orang lain juga. Berikan komentar di bawah jika Anda tahu cara alternatif yang lebih bermanfaat untuk ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel